Tips Atasi Jerawat

Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kebiasaan Penyebab Jerawat 1

Kebiasaan Penyebab Jerawat 1 - Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat muncul di wajah kita. Memang kata orang, jerawat adalah penyakitnya anak remaja. Tetapi tidak sedikit juga mereka yang sudah memasuki usia 25 - 30 tahun tetap memiliki jerawat. Bahkan, kondisinya lebih parah ketimbang waktu remaja, dan bisa muncul di punggung, leher, pundak, bahkan tempat-tempat lain yang tak terlihat.

malas mencuci muka dapat menyebabkan jerawat muncul

Menurut data statistik, satu dari lima orang dewasa usia 25 - 44 tahun mengalami problem jerawat. Dan jerawat tersebut agak susah untuk dihilangkan karena memang penyebabnya sangat bervariasi. Namun diantara banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat, seringkali kebiasaan yang kita lakukanlah yang sebenarnya menjadi faktor jerawat muncul di kulit kita.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang sering tidak kita sadari, namun merupakan faktor penyebab jerawat muncul :

1. Sering meraba-raba pipi atau dagu
Mungkin anda tidak sadar saat melakukannya, namun mengusap keringat di wajah dengan tangan atau menggosok hidung bisa memindahkan bakteri yang ada di tangan dan menyebabkan infeksi. Biasakan juga untuk tidak memegang-megang jerawat yang mulai tumbuh. Memencet jerawat bisa membuat bakteri pada jerawat masuk semakin dalam ke kulit, sehingga menimbulkan peradangan dan bekas luka permanen.

2. Malas membasuh wajah
Segera basuh wajah anda setelah berolahraga ataupun melakukan aktivitas lain yang membuat anda berkeringat. Aktivitas fisik memanaskan tubuh, menyebabkan keringat bercampur dengan minyak di permukaan kulit. Kedua hal ini bisa menyumbat pori-pori. Jika anda tidak bisa mencuci muka, keringkan wajah dan tubuh anda dengan handuk, lalu segera berganti pakaian.

Berlama-lama mengenakan pakaian yang basah oleh keringat, apalagi yang ketat, juga membuat dada, punggung, dan bagian lain dari tubuh anda dapat ditumbuhi jerawat. Bila anda sering menggunakan ikat kepala, topi, atau helm, yang terpasang kuat di kepala, rajin-rajinlah mencuci talinya untuk mengurangi bakteri.

3. Memakai make-up saat berolahraga
Kesalahan terbesar yang dilakukan rata-rata perempuan adalah, baru membersihkan wajah setelah berolahraga. Justru, sebelum berolahraga wajah sudah harus dalam keadaan bersih agar ketika keringat mengucur, debu atau sisa make-up tidak menempel pada wajah.

Produk-produk perawatan kulit dan rambut, seperti hair conditioner, gel, shaving cream (untuk pria), moisturizer, sunscream, dan produk-produk lain yang mengandung minyak dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Gantilah produk-produk ini dengan bahan yang tidak akan menyumbat pori, biasanya pada label kemasan ditulis "oil-free dan/atau noncomedogenic". Namun meskipun menggunakan produk yang tidak mengandung minyak, anda tetap harus membersihkan wajah sebelum berolahraga.

Semoga informasi tentang Kebiasaan Penyebab Jerawat 1 ini dapat membantu anda. Baca juga Kebiasaa Penyebab Jerawat 2, yang merupakan sambungan dari artikel ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Penyebab Jerawat dengan judul Kebiasaan Penyebab Jerawat 1. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsacnes.blogspot.com/2012/07/kebiasaan-penyebab-jerawat-1.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Kebiasaan Penyebab Jerawat 1"

Posting Komentar