Tips Atasi Jerawat

Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kebiasaan Penyebab Jerawat 2

Kebiasaan Penyebab Jerawat 2 - Dalam posting sebelumnya saya sudah membahas 3 kebiasaan yang dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah anda (lihat disini). Kebiasaan-kebiasaan tersebut seringkali dilakukan tanpa sadar dan sengaja, namun bisa jadi kebiasaan tersebut adalah faktor utama yang menyebabkan wajah anda berjerawat.

terlalu sering cuci muka dengan sabun yang keras

Berikut ini adalah 2 kebiasaan lain yang dapat membuat jerawat muncul di wajah anda.

1. Mencuci wajah dengan sabun yang keras terlalu sering
Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Karena itu, tidak ada gunanya terlalu sering mencuci wajah dengan sabun atau scrub yang mengandung bahan yang tajam seperti alkohol. Kondisi wajah anda bahkan bisa menjadi  semakin parah karena dipaksa untuk memproduksi minyak secara berlebih.

Rubahlah kebiasaan anda dengan membasuh muka dari rahang ke arah garis rambut dengan sabun yang lembut dan air hangat, sekali atau dua kali sehari. Jangan lupa, cuci dulu tangan anda sebelum menyentuh wajah. Lalu, keringkan wajah yang sudah bersih dengan menepuk-nepuknya dengan handuk yang kering dan lembut (bukan menggosoknya).

2. Membiarkan stres berlanjut
Mungkin anda pernah mendengar bahwa stres bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Hal ini tidak salah, sebab ketika anda stres, tubuh akan memproduksi hormon stres (kortisol) yang akan merangsang produksi minyak secara berlebih pada kelenjar sebum di dalam kulit. Kalau kelebihan minyak ini bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, jerawat bisa bertambah besar atau bertambah parah.

Kalau anda menderita stres berkepanjangan, cobalah untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang membuat anda stres. Lakukan latihan peregangan dan bernafas dalam-dalam. Olahraga secara teratur juga ampuh mengatasi kegelisahan dan mengurangi stres.

Pada dasarnya, tidak ada obat mujarab untuk jerawat. Kebanyakan jerawat ringan bisa diatasi dengan perawatan kulit dan tubuh yang sederhana. Bila apa yang anda lakukan belum berhasil melenyapkan jerawat, kemungkinan ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebabnya. Antara lain, perubahan hormonal (menstruasi, kehamilan, atau memulai dan berhenti mengonsumsi pil KB), mengonsumsi obat-obatan tertentu, alergi makanan atau kosmetik, dan faktor genetik.

Semoga artikel Kebiasaan Penyebab Jerawat 2 ini dapat bermanfaat buat anda!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Penyebab Jerawat dengan judul Kebiasaan Penyebab Jerawat 2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsacnes.blogspot.com/2012/08/kebiasaan-penyebab-jerawat-2.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Kebiasaan Penyebab Jerawat 2"

Posting Komentar