Tips Atasi Jerawat

Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Faktor Penyebab Penuaan Kulit

Faktor penyebab penuaan pada kulit dibagi menjadi 2 faktor yaitu Faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Padahal pada diri setiap manusia menginginkan kulitnya senantiasa mulus, kencang, sehat dan awet muda. Namun pada hakikatnya itu semua hanyalah angan belaka, sebab seiring dengan berputarnya waktu, kulit kita akan berubah menjadi tua, kering dan keriput. Tetapi Penuaaan kulit ini juga kurang begitu jelas kapan mulai terjadi. Biasanya, diperkirakan  pada usia pertengahanlah efek penuan ini baru muncul.

Mari kita lihat faktor-faktor penyebab penuaan kulit tersebut;
1. Faktor intrinsik, atau disebut juga faktor yang disebabkan dari dalam tubuh.
   Seperti umur, Hormon, Genetik, dan Rasial.
Umur merupakan faktor fisiologis yang secara pasti akan bertambah setiap harinya, secara perlahan akan terjadi proses penuaan pada kulit. Begitu pula dengan faktor hormon dan genetik dalam tubuh manusia yang berperan dalam menentukan proses metabolisme dan proses pembentukan sel akan mempengaruhi proses penuaan. Sedangkan faktor rasial, akan terjadi proses penuaan yang berbeda antara orang yang berkulit  pucat dan orang berkulit gelap, orang yang berkulit pucat cenderung lebih cepat menua karena langsung terkena sinar matahari.

2. Faktor ekstrintik
   Faktor ini disebabkan oleh faktor dari luar tubuh atau lingkungan sekitar.
Faktor yang menjadi peran utamanya adalah sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari. Bila kulit kita terkena sinar UV secara langsung, maka serabut kolagen kulit dan lapisan dermis kulit kita akan cepat rusak, kulit akan kering, keriput dan tidak elastis lagi. Faktor ekstrintik lain yang mempengaruhi penuaan kulit adalah merokok, penurunan berat badan yang terlalu cepat, serta stres yang berkepanjangan.

Dari uraian di atas kita bisa mengatahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi tua, namun dengan pengetahuan faktor penyebab ini, kita juga dapat mencegah proses penuaan tersebut agar tidak terlalu cepat terjadi.
Pada postingan selanjutnya akan kita bahas.  Insya Allah.

Baca juga :  manakah jenis kulit wajah anda ? , proses penuaan kulit , mencegah penuaan dini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mencegah Penuaan Dini dengan judul Faktor Penyebab Penuaan Kulit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsacnes.blogspot.com/2010/07/faktor-penyebab-penuaan-kulit.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Faktor Penyebab Penuaan Kulit"

Posting Komentar