Tips Atasi Jerawat

Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kolagen

Kolagen adalah merupakan suatu senyawa protein, yang berfungsi sebagai pembentuk struktur kulit, pembuluh darah dan otot, yang berbentuk serat tripel heliks.

Kolagen tersusun dari beberapa senyawa, antara lain : asam amino, lisin, alanin, glisin, arginin, prolin dan hiroksiprolin, yang dibentuk oleh sel fibroblast.  Sebelum senyawa kolagen ini terbentuk, akan berproses dulu menjadi pro kolagen.

Kolagen, terdapat pada lapisan kulit dermis, atau bisa dikatakan juga bahwa lapisan dermis merupakan lapisan kulit yang tersusun dari kolagen dan elastin.
Kolagen dan elastin, berfungsi sebagai pemberi bentuk serta penentu elastisitas pada kulit. Kolagen merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit kita.
Apabila kadar kolagen dalam kulit kita ini berkurang, maka akan terlihat berkerut, kendur dan terlihat seperti bergurat.

Keadaan ini merupakan faktor alamiah, semakin tua usia semakin banyak kolagen dan elastin yang rusak. Sedikitnya 1 % kolagen kita hilang pertahun. karenanya, pd usia 30th manusia kehilangan kolagen sekitar 15-20%. Pd usia 50th, yg hilang sekitar 35-40%.

Kolagen dapat kita peroleh dari banyak mengkonsumsi asupan makanan yang bernutrisi dan mengandung Vitamin C, pada buah-buahan seperti jeruk, apel, tomat, pepaya, jeruk, apel, kiwi, anggur, wortel dan banyak lagi buah lainya.
Sedangkan pada makanan, kolagen tinggi terdapat pada ceker ayam, minyak zaitun, telur, ikan tuna, dan salmon. Konon, tulang rawan sapi muda juga sangat banyak mengandung kolagen.
Pada saat ini, kolagen juga dapat diperoleh melalui suntik serum kolagen ataupun melalui perawatan dengan menggunakan krim kolagen.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mencegah Penuaan Dini dengan judul Kolagen. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsacnes.blogspot.com/2010/11/kolagen.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Kolagen"

Posting Komentar