Tips Atasi Jerawat

Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

5 Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa

5 Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa - Walaupun biasanya masalah jerawat akan berlalu dengan sendirinya ketika usia mulai beranjak dewasa, namun tidak jarang sesekali atau bahkan seringkali jerawat masih saja mengganggu. Faktor penyebab jerawat memang sangat banyak dan beragam, khususnya untuk masalah jerawat pada orang dewasa.

faktor penyebab jerawat pada orang dewasa

Berdasarkan beberapa fakta dan studi yang telah dilakukan, berikut ini 5 penyebab jerawat pada orang dewasa yang wajib untuk anda ketahui :

1. Sinar Matahari
Paparan sinar matahari pagi dalam waktu yang wajar memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga dapat meningkatkan kondisi kulit. Namun jika terkena paparan sinar matahari siang, apalagi sering dan dalam waktu yang relatif lama, ini dapat merusak kulit dan meyebabkan munculnya jerawat.

Sinar matahari membuat sel-sel kulit menua dan kering lebih cepat. Ini akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Ketika anda kurang baik dalam membersihkan kulit, maka sel-sel kulit mati yang tertinggal akan menyumbat pori-pori. Selanjutnya akan menjadi komedo serta berpotensi untuk meradang.

2. Mencuci Wajah Terlalu Sering
Sering mencuci wajah tidak akan memberikan manfaat apa-apa untuk anda, kecuali justru akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Dan ketika kulit wajah mengalami iritasi, maka kondisi jerawat di wajah anda juga pasti akan menjadi semakin buruk. Mencuci wajah dengan menggunakan sabun atau busa pembersih cukup dilakukan 2 atau 3 kali saja sehari.

3. Olahraga
Sebenarnya bukan kegiatan olahraganya yang membuat jerawat muncul di wajah anda. Tapi kebiasaan andalah yang menjadi faktor utama munculnya jerawat. Jangan pernah mengusap wajah anda dengan tangan. Ini akan membuat lebih banyak bakteri yang hinggap dan masuk ke pori-pori kulit anda yang terbuka. Gunakan handuk kecil jika ingin mengusap keringat pada kening dan wajah.

Bagi wanita, jangan pernah menggunakan make-up saat anda melakukan olahraga. Ini merupakan faktor utama penyebab jerawat pada wanita (khususnya bagi yang suka melakukan olahraga).

4. Lanolin
Lanolin adalah sejenis minyak yang didapatkan dari wol domba. Biasanya dijadikan campuran bahan untuk produk-produk kecantikan kulit karena mempunyai sifat untuk melembabkan. Walaupun fungsinya baik, namun lanolin dapat menutup pori-pori kulit. Jadi bagi anda yang mempunyai jenis kulit berminyak, hindari produk-produk yang mengandung bahan ini.

5. Memencet Jerawat
Memecahkan jerawat tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus anda ketahui. Suka memencet-mencet jerawat adalah faktor penyebab jerawat menjadi semakin parah dan meradang. Nantinya ketika jerawat sembuh, ini akan meninggalkan bekas jerawat (jaringan parut) pada kulit anda yang sangat susah untuk dihilangkan.


Bagikan artikel ini ke teman-teman di facebook, twitter, atau G+.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Penyebab Jerawat dengan judul 5 Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsacnes.blogspot.com/2013/01/5-penyebab-jerawat-pada-orang-dewasa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "5 Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa"

Posting Komentar